Kuis 1 - Thariq Agfi Hermawan (5025211215)

Nama: Thariq Agfi Hermawan
NRP : 5025211215

Kelas: PBKK A 

Kuis 1
  1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

Framework adalah struktur konseptual yang menyediakan kerangka kerja untuk pengembangan perangkat lunak. Ini adalah kumpulan alat, perpustakaan, aturan, panduan, dan komponen yang disusun dengan baik untuk mempermudah pengembangan perangkat lunak. Struktur framework biasanya memiliki tiga komponen utama:

Komponen-Komponen Inti (Core Components): Ini adalah bagian fundamental dari framework yang menyediakan dasar untuk pengembangan perangkat lunak. Ini mungkin termasuk pustaka, API (Application Programming Interface), dan komponen-komponen esensial lainnya. Komponen-komponen ini memberikan fungsi-fungsi dasar yang sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, seperti manajemen memori, manajemen sumber daya, dan pengelolaan siklus hidup aplikasi.

Komponen-Komponen Tambahan (Additional Components): Ini adalah bagian dari framework yang menyediakan fungsionalitas tambahan yang dapat digunakan oleh pengembang untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak. Contoh komponen tambahan termasuk modul untuk pengembangan web, manajemen basis data, dan alat pengujian otomatis.

Aturan dan Pedoman (Rules and Guidelines): Framework seringkali datang dengan aturan dan pedoman pengembangan yang konsisten. Ini membantu memastikan konsistensi dalam pengembangan perangkat lunak yang dibangun di atasnya. Aturan ini mungkin mencakup arsitektur aplikasi, desain antarmuka pengguna, dan konvensi penamaan kode.

Keuntungan dan kegunaan dari menggunakan framework dalam pengembangan perangkat lunak adalah:

  • Pemercepatan Pengembangan: Framework menyediakan berbagai komponen dan alat yang telah dibangun sebelumnya. Ini mengurangi upaya pengembangan dan waktu yang diperlukan untuk membangun fungsionalitas dasar.

  • Konsistensi: Framework biasanya mengikuti aturan dan pedoman yang telah mapan, sehingga memastikan konsistensi dalam pengembangan perangkat lunak. Ini membuat kode lebih mudah untuk dimengerti, dipelihara, dan dikembangkan oleh berbagai pengembang.

  • Keamanan: Banyak framework telah mengintegrasikan tindakan keamanan yang dapat membantu melindungi perangkat lunak dari serangan umum. Ini termasuk perlindungan terhadap kerentan aplikasi web, serangan SQL injection, dan banyak lagi.

  • Skalabilitas: Framework sering dirancang untuk mendukung skalabilitas, memungkinkan perangkat lunak untuk tumbuh seiring berjalannya waktu dan meningkatkan permintaan.

  • Komunitas dan Dukungan: Banyak framework memiliki komunitas aktif pengembang yang dapat memberikan bantuan, sumber daya, dan solusi untuk masalah yang mungkin muncul selama pengembangan.

  • Kualitas dan Produktivitas: Dengan menggunakan framework yang terbukti, pengembang dapat fokus pada bisnis logika aplikasi mereka daripada menghabiskan waktu untuk membangun komponen dasar dari awal.

  • Penggunaan framework sangat umum dalam pengembangan perangkat lunak, terutama dalam pengembangan web dan aplikasi seluler. Beberapa contoh framework terkenal termasuk Ruby on Rails untuk pengembangan web, Angular dan React untuk pengembangan antarmuka pengguna, serta Spring untuk pengembangan aplikasi Java.


  1. Dalam pembuatan aplikasi, dikenal dengan Universal Windows Platform. Digunakan untuk membuat aplikasi yang mempunyai karakteristik seperti apa? Jelaskan sertai dengan contoh.

Universal Windows Platform (UWP) adalah kerangka kerja pengembangan aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, ponsel, HoloLens (perangkat Realitas Campuran), Xbox, dan IoT (Internet of Things) dengan sistem operasi Windows 10 atau yang lebih baru. Karakteristik utama dari aplikasi UWP termasuk:

  • Universal: Aplikasi UWP dirancang untuk bersifat universal, yang berarti mereka dapat dijalankan pada berbagai perangkat Windows tanpa perlu mengembangkan ulang kode inti. Ini memungkinkan pengembang untuk menciptakan pengalaman seragam di berbagai perangkat dengan ukuran layar, bentuk, dan fitur yang berbeda.

  • Adaptive UI: Aplikasi UWP memungkinkan penggunaan antarmuka pengguna yang responsif dan adaptif. Ini berarti antarmuka aplikasi dapat berubah sesuai dengan ukuran dan orientasi layar, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang optimal.

  • Integrasi dengan Ekosistem Windows: Aplikasi UWP dapat mengakses berbagai fitur dan layanan dari ekosistem Windows, seperti Cortana (asisten digital), Live Tiles (ikon aplikasi yang dapat dinamis), notifikasi, dan integrasi dengan berbagai perangkat keras seperti kamera, sensor, dan lainnya.

  • Keamanan dan Izin: Aplikasi UWP dikelola dengan izin sistem yang ketat. Ini memastikan bahwa pengguna memiliki kendali atas izin yang diberikan kepada aplikasi, sehingga melindungi privasi dan keamanan pengguna.

  • Pembaruan Terpusat: Aplikasi UWP dapat diperbarui melalui Microsoft Store, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pembaruan terbaru secara otomatis. Ini memudahkan pengembang untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru.

Contoh Aplikasi UWP:

  • Aplikasi Produktivitas: Aplikasi Microsoft Office, seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, tersedia sebagai aplikasi UWP. Mereka dapat dijalankan pada berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, dan ponsel.

  • Aplikasi Permainan: Beberapa game yang tersedia di Microsoft Store adalah aplikasi UWP. Misalnya, game Minecraft Windows 10 Edition adalah aplikasi UWP yang dapat dimainkan di PC, Xbox, dan ponsel.

  • Aplikasi Multimedia: Aplikasi seperti Groove Music dan Film & TV, yang digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film, adalah contoh aplikasi UWP yang menyediakan pengalaman seragam di berbagai perangkat Windows.

  • Aplikasi IoT: Pengembang dapat menggunakan UWP untuk membuat aplikasi untuk perangkat Internet of Things yang menjalankan Windows 10 IoT Core, seperti perangkat Raspberry Pi.

  • Aplikasi UWP memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengembangkan aplikasi Windows yang berjalan di berbagai perangkat, memungkinkan pengembang untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan lebih sedikit upaya pengembangan.


  1. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah desain aplikasi Koleksi Album foto yang bisa menghimpun foto, deskripsi , informasi foto diambil/ metadata, dan juga bisa menghapus maupun update.

Fitur Aplikasi :

  • Beranda (Home): Tampilan ini akan menampilkan daftar album foto yang sudah ada.

  • Detail Foto:

    • Ini adalah tampilan yang menampilkan foto dengan deskripsi dan metadata yang terkait.

  • Tambah Foto:

    • Tampilan ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto baru dengan deskripsi dan metadata terkait.

  • Hapus Gambar:

    • Ini adalah tombol yang memungkinkan pengguna menghapus foto.

  • Update Metadata

    • Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit Metadata (judul foto dan deskripsi foto).

  1. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

                    Github : https://github.com/thoriqagfi/Image-Gallery

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 9 - Introduction to CodeIgniter 4

Tugas PBKK 1

Tugas 5 PWEB - Thariq Agfi Hermawan